Masa Lalu Malam Hari

Semua orang punya masa lalu dan aku yakin pasti ada saja cerita dari masa lalu mereka yang ingin segera mereka lupakan. Katanya kalau kita sulit untuk melupakan masa lalu maka kita susah move on. Katanya kalau kita tidak bisa meninggalkan masa lalu maka hidup kita akan sengasara. Namun aku punya pandangan lain mengenai hal ini.

Menurutku masa lalu adalah sesuatu yang membuat kita jadi seperti hari ini. Aku sih tidak ingin membayangkan masa lalu yang aku punya. Walau hingga hari ini pun belum seluruhnya bisa aku lupakan dan terkadang perasaan sakit itu masih selalu muncul. Namun, nampaknya masa lalu itu cukup berpengaruh besar di dalam hidupku.
Mungkin di lain kali aku ceritakan sedikit tentang masa lalu yang tidak indah itu di blog ini.

Sekarang aku ingin tidur. (semoga saja aku dapat tidur malam ini)
Dan semoga masa lalu itu tidak akan lagi menghantuiku di dalam mimpi.
Selamat malam. Semoga kalian dapat bermimpi indah.

Dua Sisi Koin Kehidupan

Karena menurut gw ada dua macam tipe kehidupan. Yang baik-baik saja dan yang tidak baik-baik saja.

Baik-baik saja itu ketika hidup dikelilingi dengan orang-orang baik, punya pekerjaan baik, punya keluarga baik, sekolah dan kuliah lulus tepat waktu dengan nilai yang cukup memuaskan. Sudah punya jodoh dan jodohnya sangat baik serta sudah memiliki banyak hal untuk kehidupan baik yang selanjutnya. Sudah planning untuk beli rumah yang diisi dengan perabot yang baik dan bagus. Jumlah anak dan binatang peliharaan sudah terencana dengan baik dan dibalut juga dengan asuransi jiwa, kesehatan, rumah, kendaraan dan lain sebagainya yang akan menunjang kehidupan baik selanjutnya. Punya tabungan hari tua dan tabungan pendidikan anak dengan perencanaan yang teratur.

Tidak baik-baik saja itu adalah kehidupan yang dikelilingi dengan spesies manusia yang bertingkah seperti bukan manusia. Bahkan apabila dibilang seperti binatang pun nampaknya kasta binatang masih lebih baik daripada spesies manusia (yang seperti itu). punya pekerjaan dianggap diri sendiri cukup baik tapi ternyata menurut manusia lain tidak baik. Sekolah dan kuliah juga selesai tepat waktu namun pasti saja dianggap orang lain tidak sesuai. Belum punya planning beli rumah karena harga rumah yang sangat melambung, belum punya planning untuk jumlah anak karena jodoh saja nampaknya masih disimpan di tangan Tuhan. Tidak punya asuransi apapun yang dapat menjadi back-up plan kehidupan apalagi tabungan hari tua.

Tapi sebenarnya ada gak sih jalan tengah diantara dua macam tipe kehidupan itu? Gak mungkin dong hidup semulus dan seindah itu? Atau mungkin gw sedang main di taman yang salah saja? Taman yang lebih banyak kaktusnya daripada bunga lily atau bunga mawar? Ah tapi bahkan bunga mawar saja berduri, masa kehidupan tipe baik-baik saja sama sekali tidak ada durinya?