Harapan Dalam Gelap

Gelap itu tidak selalu berarti sedih.
Karena terkadang menurutku gelap itu bisa berarti kontempelasi, entah terhadap hidup, kepada kenyataan atau mungkin bahkan kenyataan hidup.
Sering kali aku berusaha mencari kedamaian di dalam gelap.

Ada monster di dalam gelap katanya. Tapi sering kali aku merasa bahwa aku lah monster tersebut. Akulah yang seharusnya perlu ditakuti karena aku punya pikiran paling aneh dan paling mengerikan. Akulah yang seharusnya perlu ditakuti karena bahkan terkadang diriku sendiri tidak dapat menjaga kewarasanku.

Gelap itu berarti banyak hal dan aku menyukai gelap. Aku menikmati gelap.
Menakutkannya, aku dapat menjadi diriku sendiri di dalam gelap.
Menakutkannya, aku dapat melakukan apapun di dalam gelap.
Menangis, tersenyum, tertawa terpingkal-pingkal, diam menatap gelap, bersenandung di dalam gelap, berkhayal tentang masa depan, memikirkan keadaan sekarang.
Menakutkannya, aku menemukan kenyamanan di dalam gelap.

Terkadang aku bisa melihat setitik cahaya di dalam gelap.
Aku mengibaratkannya cahaya harapan. Sangat jauh, tidak dapat diraih namun selalu dapat dilihat.
Cahaya itu kemudian aku jadikan sebuah motivasi. Agar aku selalu mau bangkit dari keterpurukan yang sering aku rasakan di dalam gelap. Agar aku mau selalu berusaha menjadi manusia yang lebih baik lagi. Agar aku mau berusaha lagi untuk mendekat ke pusat cahaya tersebut. Dimana? Sampai kapan? Aku tidak tahu, namun setidaknya aku berusaha.

Aku jadi ingat sebuah kutipan dari buku yang hingga saat ini masih membuatku tersenyum apabila mengingatnya.

Mimpi, cita-cita, keyakinan, apa yang ingin dikejar, biarkan ia menggantung 5 cm agar tidak pernah lepas dari matamu.. – 5 cm Donny Dhirgantoro

Maka titik cahaya yang sering aku lihat dalam gelap itu akan selalu aku letakkan di depan mataku aku tidak pernah lepas, akan selalu aku percaya. Agar aku selalu dapat berdiri lagi saat aku terjatuh dan aku akan mengejarnya sampai dapat, apapun itu, kapanpun.

Leave a Reply

