Uncategorized

Menurut saya hidup itu layaknya sebuah database.
Perlu dikategorisasi.
Perlu disesuaikan.
Tapi seringnya di dalam hidup yang serampangan (read: hidup saya) ini, banyak hal yang tidak sempat dan tidak dapat dikategorisasikan.

Ketika setiap hari yang saya lakukan hanya rutinitas mencari kebutuhan untuk hidup. Bangun-Mandi-Bekerja-Bekerja-Bekerja-Tidur dan kembali mengulang hal yang sama lagi keesokan harinya, nampaknya saya tidak memiliki ruang untuk mengisi kehidupan saya dengan kegiatan lain lagi selain bekerja. Mencari sesuap nasi dan segenggam berlian, begitu katanya. Namun nampaknya yang terjadi lebih sering mencari sesuap nasi daripada mendapatkan berlian. Saya menyisakan ruang yang sangat sedikit untuk menikmati hidup kata teman-teman saya. Yang tidak mereka sadari adalah bahwa dengan saya bekerja dan bekerja, saya sedang menikmati hidup. Tentunya, saya pun mengeluh ketika saya terlalu lelah. Ketika saya kurang tidur. Ketika saya merasa bahwa saya bosan terus menerus bekerja. Tetapi meskipun begitu, yang akan saya lakukan adalah kembali bekerja.

Menurut saya bekerja itu semacam pelarian dari kehidupan saya yang uncategorized ini. Tapi meskipun dianggap uncategorized, saya menikmatinya. Saya menikmati keadaan dimana saya tidak ada waktu untuk berfikir negatif tentang kehidupan. Saya menikmati keadaan dimana yang bisa saya pikirkan hanyalah pekerjaan dan pekerjaan bukan kehidupan pribadi saya yang serampangan.

Ada lagi hal yang saya nikmati dari hidup saya yang uncategorized ini.
Bahwa saya menikmati setiap detik, menit dan jam yang saya miliki ketika akhirnya saya memutuskan untuk rehat sejenak. Duduk berdiam dengan segelas latte dingin, dengan buku bacaan dalam genggaman bersama dengan orang tersayang merupakan hal yang sangat saya tunggu.

Beruntung saya memiliki dia yang tidak menuntut waktu dan perhatian terlalu banyak. Yang penting dia tahu, bahwa semua yang saya lakukan saat ini adalah untuk masa depan. Entah yang mana. Tapi seluruhnya untuk kebaikan.

Leave a Reply

