Bersungguh-sungguh melakukan sesuatu itu sangat sulit ya. Butuh konsistensi, butuh kesabaran, dan yang terutama menurut gw butuh tahan uji. 
Seperti biasa, setiap Sabtu kan gw pasti Persekutuan Doa di gereja. Terus udah gitu temanya kemarin adalah ‘Dancing In The Rain’, ada sebuah ayat yang terus terngiang di kepala gw karena saat ini kayaknya gw sedang berada di kondisi dimana gw harus menjalani dan mengimani ayat itu. Gw agak lupa bunyi persisnya seperti apa dan di kitab apakah itu, tapi kira-kira begini, 

‘Karena di dalam pencobaan ada tahan uji, di dalam tahan uji ada ketekunan dan di dalam ketekunan ada pengharapan. Dan pengharapan tidak pernah mengecewakan.’ 

Iya gw masih ngegalauin cinta gw yang gak kunjung selesai dramanya ini. Iya gw masih pusing sama keadaan cinta yang kok kayaknya gak maju-maju ya. Tapi kemarin gw abis maksain temen gw untuk ngasih tau gw apakah goal yang gw kejer itu sebenarnya koko dan apakah gw ada kemungkinan untuk bahagia sama koko. Iya gw tau gak mungkin juga kita memaksakan kehendak dan tau masa depan kan? Tapi gw semacam butuh peneguhan bahwa apa yang gw lakuin selama ini gak sia-sia, karena perlahan gw sudah mulai lelah dengan keadaan. Perlahan gw sudah mulai lelah berusaha karena gw sama sekali gak ngeliat titik terang dari perjuangan gw. Gw gak ngeliat akhir yang bahagia dari perjalanan panjang yang sedang gw jalanin ini. Dan gw males juga kalau dianggap ngarep sama orang yang belum tentu juga suka balik sama gw. 
Tapi kemudian di tengah kegalauan dan kelelahan gw, gw diingatkan sama Tuhan bahwa di dalam pengharapan tidak ada kekecewaan, dan bahwa dalam segala pencobaan ada tahan uji. Tuhan lagi menguji kesabaran gw, Tuhan lagi menempa gw untuk jadi manusia yang lebih sabar, jadi manusia yang memiliki proses dan gak instan. Tuhan lagi meminta gw untuk bersabar karena rencana-Nya paling indah. 

Terkadang gak smua hal yang kita mau itu langsung kita dapatkan. Karena apa fungsinya hidup kalau apapun yang kita mau langsung kita dapatkan? Dimana letak keseruan hidup kalau smua yang kita mau langsung ada. Hidup itu jadi seru dan berwarna karena ada perjuangan, ada sakit, ada perjalanan yang melelahkan, jadi nanti kita bisa cerita sama temen-temen kita. Dan kemudian kita bisa mengangguk kepada diri kita sendiri karena kita sudah berjuangan dan tahan uji di dalam kehidupan kita. 
Ketekunan akan membuahkan pengharapan, dan pengharapan tidak pernah mengecewakan. 

Have a great Monday! 

Leave a Reply

