Milik siapakah ini?

Siapa sih yang ga akan marah ketika kecolongan? Perasaan pertama yang nampak terasa itu selain sedih tapi juga akan marah dan kesel banget sama maling yang mencuri barang yang kita miliki. Yuup, gw rasa itu yang lagi dirasain sama banyak warga Indonesia yang begitu peduli dengan budayanya.

Sebenarnya dari sisi gw sendiri lagi bingung sama apa yang sebenarnya terjadi. Kok bisa ya sebuah budaya dalam bentuk seni tari di ambil oleh Malaysia dan di claim kalau itu merupakan milik Malaysia? Kemana aja selama ini bu, di sekolah ga pernah di ajarin yah kalau tari Pendet itu asalnya dari Bali, dan Bali itu merupakan kepulauan milik Indonesia. Sejak kapan Bali pindah ke Malaysia?!
Tapi jujur dhe, I am wondering.. mengapa Indonesia yang dibilang begitu banyak orang sebagai negara yang begitu miskin dan tidak aman berkali kali kecolongan yah? berkali kali Indonesia di ambil miliknya? Bukannya dosa ya mengambil barang milik orang miskin?! Udah miskin dicolong lagi ya jelas aja dosa lah yaw! *emosi mode*

Alright, ga boleh marah, sebenarnya apa yang pengen gw tulis disini mungkin berbahasa sedikit berantakan, but I hope semua yang membaca akan mengerti apa maksud baik dibalik blog ini. Jujur aja sebagai orang Indonesia gw sempet marah dan kesel begitu denger bahwa Tari Pendet, sebuah tarian yang berasal dari Bali dinyatakan sebagai sebuah tarian yang datang dari Malaysia. Bagaimana bisa? Semenjak kecil dan ketika saya duduk di bangku sekolah dasar, saya telah mengetahui bahwa Tari Pendet merupakan sebuah tari asal Bali dan Bali merupakan pulau yang terkenal dengan sebutan ‘Pulau Dewata’ adalah bagian dari Negara Republik Indonesia. Tetapi apakah begitu saya beranjak dewasa sekarang Bali telah berjalan berpindah ke Malaysia? Saya rasa tidak sama sekali. Bali, dan Tari Pendet merupakan milik Indonesia, sekali lagi saya katakan itu dengan tegas.

Sekalli lagi mungkin bisa saya katakan Indonesia kalah cepat beberapa langkah dari Malaysia, yang nampaknya lebih gesit untuk meng-claim apa yang menjadi milik Indonesia. Reog Ponorogo, Angklung, Wayang Kulit, Batik, Bunga Bangkai (Rafflesia Arnoldii), dan sekarang Tari Pendet. Sebenarnya dari tulisan ini sama sekali tidak ingin mengatai-ngatai bangsa lain dan negara lain yang selama ini sudah bertetangga dekat dengan Indonesia. Mungkin dari tulisan ini ada juga sedikit himbauan yang ingin sekali saya sampaikan. Jangan sampai sekali lagi kita kecolongan hingga budaya yang tadinya milik bangsa Indonesia malah di ambil oleh bangsa lain.

Memang terkadang hal kecil seperti itu memang membuat kita sebagai orang Indonesia yang sudah berkutat sehari-hari dengan pekerjaan, dan juga sulitnya kehidupan membuat kita lupa bahwa masih ada hal minor seperti Tari Pendet, Wayang Kulit dan lain lagi sebagainya, hingga sampai nanti sudah kehilangan baru kita sadar bahwa itu dulunya juga milik kita. Tidak begitu berpengaruh memang kepada kita yang mungkin sehari-hari tidak bekerja dibidang seni semacam itu. Tetapi tidak tergerak sama sekalikah perasaan anda ketika tahu bahwa budaya kita diambil oleh negara lain. Kita sebagai bangsa Indonesia memilik bukti bukti authentic bahwa yang diambil itu milik Indonesia. Berbagi boleh, tetapi bisakah Malaysia juga meminta izin dari apa yang diambil? Dan bisakah warga Indonesia sedikit lebih peduli terhadap budaya yang kita miliki? Jangan hanya sadar ketika budaya kita sudah diambil oleh bangsa lain.

Nampaknya ini menjadi pelajaran juga bagi kedua belah pihak. Untuk Malaysia, agar selalu mencantumkan dan lebih menghargai budaya orang lain, untuk selalu bertanya izinnya kepada Indonesia. Dan juga kepada warga Indonesia, yang bangga menjadi orang Indonesia untuk lebih perduli dan selalu melestarikan budaya yang kita miliki. Jangan hanya perduli ketika sudah menjadi sebuah kontroversial. Ikut-ikutan marah dan memperkeruh suasana. Banggalah menjadi bangsa yang kaya akan budaya. Dan kembalikan Tari Pendet kepada kami..

Proud to be Indonesian! dan lestarikan budaya yang sudah ada turun temurun dari nenek moyang kita!

Advertisements

being lazy

well, yes probably right now i am acting as such a super duper lazy person. Being sick and just lay down on the sofa, on the bed.. And all..
Gosh! I hate being sick like this.
Well, lately I am prety busy with all the stuffs. Photografi, MC-ing again, with all the practices and hanging around with the band members. Being tired and finally my condition just drop and I am sick like hell right now. Kemarin dimulai dengan lemes dan ga bisa bangun, dilanjutkan dengan sekarang yg ternyata lemas lagi dan muntah muntah.. Ampun dijeh!
gw sakit apa sih sebenarnya, ini bener bener ga elit dhe.. huhuhu..
anyhow, well, doakan saya cepat sembuh para pembaca yang saya cintai *berasa penulis terkenal aja dhe gw*

well, miss you so much my autis partner..
love you :-*

Indonesia is Praying..

Mendadak pengen nulis lagi…
Sebenernya pengen nulis hal ini sejak pas kemarin itu sih, pas lagi panas panasnya, pas lagi heboh-hebohnya. Maksudnya supaya blog gw yang rada menyampah satu ini juga akan ikut-ikutan terkenal, but ya sudahlah ya..
Well, so 080809 gw pikir itu cuma bakal jadi hari dimana teman gw ultah. Jadi bangun pagi langsung ngegrasak nyari hape dan langsung loading Facebook dari hape untuk mengucapkan happy birthday to my dear friend. which I did so, tapi kemudian perhatian gw benar benar terpaku sama beberapa status di facebook teman teman gw yang nampaknya lagi heboh karena sesuatu yang dilakukan oleh DENSUS88 di Temanggung.

Alright, buat yang mungkin belum tau apa yang terjadi di hari Sabtu tanggal 08 bulan 08 tahun 09 kemarin itu, DENSUS88 dan Polri lagi mengepung sebuah rumah di Temanggung yang di duga kuat sebagai tempat persembunyian gembong teroris nomor satu yang sudah sekian lama di buru oleh Indonesia sebagai suspect dan juga otak dari berbagai peledakan bom di Indonesia. 17 jam mengepung rumah yang sudah diintai selama 10 hari dan akhirnya DENSUS88 dan Polri pun memutuskan untuk mengepung rumah tersebut dan membantai gembong teroris yang bernama Noordin M Top.
Setelah 17 jam pengepungan akhirnya diberitakan oleh beberapa media bahwa akhirnya DENSUS88 dan Polri telah berhasil melumpuhkan orang yang bersembunyi di dalam Kamar Mandi dan diduga kuat sebagai Noordin M Top.

Noordin M Top, merupakan kaki tangan langsung dari Dr Azhari yang sebelumnya sudah tertangkap dan terbunuh. Tetapi Noordin M Top masih berhasil kabur dan melakukan beberapa serangan yang kembali merugikan Indonesia. Noordin M Top yang berkewarganegaraan Malaysia ini nampaknya memiliki motto ‘kalau mau jadi jagoan jangan di kampung sendiri’ dan mungkin karena itu ya dia main bom di Indonesia..

Well anyhow, orang yang bersembunyi di Kamar Mandi dan akhirnya berhasil di tembak oleh DENSUS88 itu memang di duga kuat sebagai Noordin M Top itu berhasil membuat banyak warga Indonesia berharap-harap cemas dan mulai menghujat Noordin. Warga Indonesia senang akan keberhasilan yang dicapai oleh DENSUS88 dan Polri. Hingga saat ini, sudah 2 hari sejak keberhasilan DENSUS88 dan Polri masih belum ada kepastian siapakah orang yang berhasil ditembak. Belum ada hasil DNA, dan bahkan sekarang warga Indonesia harus siap kecewa karena banyak sekali pihak yang yakin bahwa Noordin M Top sebenarnya belum berhasil ditangkap.

Apabila boleh gw kutip dari berbagai sumber:
Dynno Chressbon seorang pengamat Intelegent mengatakan ‘Lebih mirip preman pasar daripada Noordin M Top’
Rohan Gunaratna yang merupakan kepala Centre for Violence and Terrorism Singapura mengatakan ‘Noordin belum tewas, sesungguhnya tes DNA membuktikan bahwa jasad yang ditemukan bukan Noordin Mohammed Top’
ada lagi Sidney Jones yang merupakan Direktur International Crisis Group memiliki pendapat yang hampir sama dan mengatakan ‘Saya kira kemungkinan besar itu bukan dia (Noordin). Bukannya saya yakin itu bukan dia, tetapi kemungkinan besar bukan’

[narasumber: www.detiknews.com]

Hingga saat ini kepastian masih simpang siur, masyarakat Indonesia pun masih berharap-harap cemas, termasuk gw. Gimana tidak, mungkin masih banyak kaki tangan, anak buah dan jaringan Noordin M Top ini yang memang tidak mudah sama sekali untuk ditebas dengan mudah, tetapi dengan tertangkapnya atau terbunuhnya Noordin M Top itu merupakan sebuah langkah besar dan dapat menjadi awal yang sangat baik untuk Indonesia karena kita berhasil menunjukkan bahwa sama sekali tidak ada tempat untuk teroris di tanah Indonesia. and please add this up too, bahwa dengan kematian Noordin M Top itu bisa menjadi sebuah kado yang sangat menarik untuk Indonesia.
menurut IndonesiaUnite, kita harus bilang KAMI TIDAK TAKUT! and yes.. I can say now, SAYA TIDAK TAKUT, KAMI TIDAK TAKUT! karena sama sekali tidak ada tempat buat kalian teroris untuk berkuasa di tanah kami! Indonesia tidak akan lengah lagi, Indonesia akan menunjukkan bahwa KAMI BISA!

Saat ini warga Indonesia harap-harap cemas. Berharap yang memang terbunuh kemarin adalah Noordin, tetapi apabila bukan, setidaknya beberapa anak buahnya sudah mati terbunuh. Perlahan tapi pasti gw yakin Indonesia pasti bisa menebas semuanya, perlahan tapi pasti apabila semua warga Indonesia bisa menyatukan visi dan misi maka ga akan pernah ada tempat secuil pun buat para bedebah itu.
Dan walaupun itu bukan Noordin, me personally bangga dengan DENSUS88 yang berhasil menyergap, menyerang dan memiliki keberanian serta stamina yang sangat kuat untuk membantai 17 jam rumah di Temanggung itu.

I pray, we pray semoga itu benar Noordin M Top yang terbunuh..
I pray, and we pray semoga para bedebah itu sadar bahwa Indonesia sudah tidak memiliki lahan secuil apapun lagi untuk mereka bermain ledak ledakan itu, dan sudah saatnya mereka untuk INSYAF!

I am Proud to be Indonesian and I am proud to say ‘Kami Tidak Takut’!

see you again..

Hidup itu penuh dengan opposite. Yin-Yang, Hitam-Putih, Hello-Goodbye..
itu yang selalu gw perhatikan dalam kehidupan. Kita dipaksa untuk mengikuti dan menyadari alur kehidupan dimana kita harus siap untuk setiap perubahan. Kita dipaksa dimana kita harus selalu kuat di dalam segala situasi dan kondisi.

Berapa kali kita ketemu sama orang dalam satu hari? Jujur jawaban ini bisa beda-beda. Buat anak rumahan mungkin mereka hanya akan ketemu sama orang-orang di dalam rumah. Buat orang kantoran, maka mereka akan ketemu sama orang-orang di kantor dan beberapa yang secara ga sengaja mereka lihat berseliweran di jalan, dan banyak lagi contohnya. Sepertinya hari demi hari hanya dijalani dengan biasa saja tanpa ada banyak makna khusus sampai akhirnya banyak orang yang kemudian menjadi jenuh dengan rutinitas kehidupan mereka.

Hanya, berapa kali akhirnya kita menemukan setangkai bunga mawar segar di tanah tandus? Nampaknya jarang, atau bahkan ga ada. Lagipula sejak kapan ada mawar yang tumbuh ditanah tandus? yang tumbuh di tanah tandus bukannya kaktus?

ya ya ya.. gw tau gw bertele-tele padahal niat dari postingan malam ini gw hanya ingin memberikan tribute, dedication, prayers, and smiles untuk seseorang yang telah menjadi seorang teman baik gw. Seperti yang udah gw tulis di awal postingan ini. Hidup ini penuh dengan hi-and-bye. and maybe it is time for me to say goodbye to you.
I still remember waktu gw notice dirimu di siang penyuluhan pemilu, accept friend request di facebook, dan kemudian secara tidak sengaja bertemu di Waroeng Bali. Isn’t life amazing. We talked, we learned together, and we shared laughter…

Kayaknya ga banyak yang bisa dibilang disini as many things are kept as a good memory untuk selalu dikenang dan selalu diingat. And honestly as I told you for so many many times that I am very happy for this sudden movement, for this big step to the future. We fell, but God will never ever leave us behind. Dia mencobai kita karena Dia sayang sama kita, dan buktinya sudah dirasakan sendiri.
Ga pernah berharap apa-apa, ga pernah ingin apa-apa, kecuali your happiness with family and of course great success!
Jangan lupa kita harus bangga jadi orang Jawa.. hahahahaha..

Have fun mas! take a good care! and I hope this is not a real goodbye secara adanya Facebook, email, YM dan lain lagi sebagainya.
Ga ada yang bisa diberikan dari Ata, hanya ada sebuah doa singkat dan ringan agar Dia selalu melindungi mas dan keluarga, agar Dia selalu menjaga dan menemani langkah mas dimanapun, kapanpun dan apapun yang mas pilih. Dan agar Dia selalu membimbing jalan mas menuju semua yang lebih baik.

When we fall, it wasn’t intended for us to get hurt. But it was intended for us to get up and always remember that above all of our power, there is a greater power. Where we can always always lean and trust.

May God bless you and your family always! and Success yah!
I know this is not goodbye, but I will see you again in later future..

We Remember..

Sebenernya udah pengen nulis dari lamaaaaaaaa banget, cuma entah kenapa ada aja kejadian yang bikin gw ga jadi jadi nulisnya..
Beberapa hari ini banyak kejadian yang bener-bener bikin shock dunia kayaknya yah. Diawali dengan meninggalnya Cory Aquino, the late president of the Phillipines.. banyak banget yang sedih karena meninggalnya president Cory. Almost the whole people in the Phillipines is mourning for president Cory. Gw sempet liat convoynya di Manila and I can see how many people do actually care for her. She was such a humble and great woman, I hope dia akan mendapatkan tempat yang terbaik di sisi-Nya.

and then gw kembali menerima berita tentang meninggalnya orang lain lagi, orang yang terkenal juga. Mbah Surip, seorang musisi, artist yang nampaknya begitu disukai begitu banyak orang karena sifatnya yang sangat humble, and very funny as well as nice. Lagu-lagunya menurut gw memang simple banget, it is very very simple and jujur menurut gw lebih kepada lawakan dari pada sebuah lagu. Yeah maybe I have a different perspective about music, once in a while memang lucu sih untuk mendengarkan lagu yang lucu. Tetapi nampaknya sudah banyak lagu yang lucu begitu, dan mendadak Mbah Surip muncul kok nampaknya dia menjadi yang biasa aja dikumpulan banyaknya band atau grup musik yang mengusung lagu komedi seperti itu. Anyhow, gw disini bukan untuk mencela, BTW Mbah Surip itu adalah orang pintar, bayangkan dia memiliki S2 degree, and yet he is humble according to some people..
Bagaimanapun pendapat gw tentang musik yang disugguhkan oleh Mbah Surip, Dia tetap seorang musisi yang memperkaya Indonesia dengan karyanya yang simple, tetapi menarik perhatian begitu banyak orang di Indonesia. Gw juga benar-benar berharap dia akan mendapatkan tempat yang terindah di sisi-Nya. Dengan slogannya ‘I Love You Full’ semoga dia akan selalu diingat sama semua penggemarnya, dan akan tetap menjadi seorang musisi yang selalu diingat karyanya.

Ga lama kemudian ada lagi yang meninggal. Parah banget yah kayaknya malah ngebahasin orang meninggal terus, but honestly, Indonesia kok kayaknya lagi kena syndrome mati-isme kali ye bow, dimana kayaknya banyak orang terkenal yang meninggal.
W.S. Rendra this time, seorang penyair ternama yang dimiliki Indonesia yang memiliki julukan burung merak. Seseorang yang mencintai seni dan melakukannya sepanjang hidupnya. Seseorang yang berhasil membawa nama Indonesia dan mengagungkannya, dia membawa apa yang ada di pundaknya dan sama sekali tidak pernah mengecewakan. Dia memang sempat menimbulkan kontroversi dan gunjingan, tetapi manusia mana yang tidak pernah melewati itu? Sepertinya semua orang pernah dan apapun yang pernah Rendra lakukan, dia tetaplah seorang anak manusia yang berhasil membawa nama Indonesia dan menunjukkan bahwa Indonesia adalah sebuah negara yang juga kaya akan seni.
Selamat jalan Burung Merak, yang pasti Indonesia akan sangat merindukanmu dan akan selalu mengenangmu.

Sedih banget kayaknya setiap kali kita inget siapa saja yang meninggal dan bagaimana sebenarnya mereka telah melakukan begitu banyak hal untuk dunia, untuk orang-orang di sekitar mereka, untuk keluarga mereka dan terlebih untuk diri mereka sendiri. Mereka adalah pahlawan dalam kehidupan mereka masing-masing. Mereka adalah pahlawan untuk semua orang yang mengenal dekat mereka,dan terlebih mereka ada orang yang patut kita contoh. Buat gw, ga perduli mau apa kata orang, ga perduli apa yang sebenarnya gonjang ganjing, atau apapun yang orang lain bilang. But one thing we know, ketika mereka pergi kita harus tetap mengenang mereka, mengingat mereka. dan melepaskan mereka dengan doa.

Selamat jalan Cory Aquino! Salamat!
Selamat jalan Mbah Surip! I love you Full!
Selamat jalan si Burung Merak! We will always remember you!

a pass by

sebenernya pengen banget nulis beberapa hari belakangan ini cuma entah mengapa ada aja yang membuat gw males nulis dan akhirnya malah melakukan hal lain yang memang rada ga berguna..
alrights, apa yang gw lakukan belakangan ini?
maen game di facebook..
maen maen ga jelas..
mau pindahan apartment juga minggu depan but I haven’t do anything yet.
what else? nothing much actually.
nonton TV..
apa lagi ya? I don’t know..
listening to gabe bondoc, baca buku,,
there seems to be nothing interesting lately happening in my life. kangen juga sama kesibukan yang biasanya penuh penuhin jadwal harian gw..
but..
well i guess..
this is just another post untuk menuh”in blog gw aja..