arti sahabat


Note: Artikel ini tertulis dan tertuang dalam kata-kata murni sebagai sebuah opini dari si penulis. Dan artikel ini ditujukan kepada 3 sahabat terbaik saya: Faizal Dunggio, Octavia Hutagalung dan Jane Felis.

Sahabat berarti seseorang yang dapat kita percaya, dapat kita ajak ngobrol, teman menangis tertawa, teman dalam sedih dan senang. Saya yakin kita semua pasti memiliki sahabat, atau mungkin peletakannya pada kalimat bukan sahabat, tetapi teman baik.

Saya memiliki 3 teman terbaik itu, dan mereka selalu ada dalam susah dan senang saya, mereka orang-orang yang walau ada jarak menghalang selalu bisa berkomunikasi dengan saya. Memang untuk berkomunikasi saat ini pun sudah gampang sekali dengan adanya telepon genggam, internet atau social networking seperti Friendster, Facebook, Multiply, Hi5, atau banyak lagi lainnya yang mungkin akan sulit untuk disebutkan satu per satu disini. Tetapi kadang bersahabat jarak jauh pun tetap terkadang terhambat dengan kesibukan kami masing masing.

Mungkin saya akan bercerita sedikit tentang sahabat sahabat saya ini:

Faizal Dunggio, seorang cowo yang berasal dari Gorontalo dan sedang berdomisili di Yogyakarta untuk menuntut ilmu di Universitas Gajah Mada. Saya ingat pertama kali saya berkenalan sama dia itu saat saya baru saja bergabung di salah satu radio cyber dimana hingga saat ini masih mengabdikan diri sebagai HRD dan Announcer. Awal perkenalan yang lucu sebenarnya karena kita sedang sama-sama bercanda saja di chat room yang memang disediakan untuk para listeners berinteraksi bersama. Diawali dengan hanya berteman biasa, lalu dia mulai sering bercerita dan membuka diri. Otomatis dari pihak saya pun mulai membuka diri dan mulai bercerita apa saja yang dapat saya ceritakan kepada dia. Rasa nyaman pun kemudian tumbuh dan ada saat berbincang dan berada bersama dengan dia. Awalnya memang kami hanya berteman melalui chatting dan internet saja, tetapi ketika saya kembali ke Indonesia akhir tahun 2008 lalu kami pun bertemu dan ternyata kami sama sama merasa nyaman bersama. Saat itu saya dapat memastikan kalau dia memang layak saya sebut seorang sahabat.

Octavia Hutagalung, seorang cewe yang berketurunan batak yang saat ini berdomisili di Jakarta dan sedang menuntut ilmu dan menggarap skripsinya di Universitas Negeri Jakarta. Berkenalan sama Octa awalnya dikenalkan oleh Faizal dan awalnya memang kita hanya teman biasa saja, tidak pernah sama sekali kami banyak bercerita. Sampai entah dimana hari itu kita bisa ngobrol panjang lebar dan mulai membuka diri. Saat ini Octa adalah orang yang selalu gw cari apabila gw ada masalah dan dia lah orang yang selalu bisa menenangkan gw kalo sedang ada masalah.

Jane Felis, seorang cewe yang menjadi sahabat saya sejak saya SMP. Saat ini dia berdomisili di Jakarta dan menuntut ilmu di Universitas Pelita Harapan, seorang yang sangat mencintai musik dan piano. Awalnya gw ga kenal sama dia, secara dia ini senior gw 1 tingkatan di sekolah yang dulu dan juga memang gw ga begitu terkenal atau punya banyak temen di sekolah itu. Kita sama sama pergi ke sekolah dengan antar jemput yang sama, dan disanalah kami berkenalan dan menjadi dekat satu sama lain karena frekuensi waktu bertemu yang tinggi. Sampai saat ini pun, walaupun frekuensi kami ber-SMS atau ngobrol tidak begitu banyak dibandingkan yang dulu, tetapi apabila kami kami sedang bingung atau hanya sekedar iseng, pastilah kami memberitakan satu sama lain.

Itu adalah beberapa kilasan tentang sahabat sahabat saya, mereka adalah orang yang dapat saya sebut sahabat karena mereka selalu ada dalam suka, sedih, dan salam suasana apa pun. Walau pun dalam bersahabat atau berteman pasti pernah terjadi kecekcokan atau ketidaksamaan pendapat antara satu sama lain. Karena bagaimana bisa selalu sama pendapat apabila kita ini adalah individu yang berbeda, seorang yang memiliki saudara kembar pun pasti pernah beradu pendapat satu sama lain.

Dalam bersahabat pun saya yakin kita pasti pernah beradu pendapat, kita pasti pernah setidaknya berkelahi atau beradu mulut akibat ketidak samaan pendapat atau mungkin lain lagi sebagainya. Tetapi bukankah karena ini hubungan persahabatan kita jadi lebih erat dan lebih dapat mengerti satu sama lain? Friksi yang terjadi tidak selamanya akan menimbulkan dampak negatif, tetapi bagaimana kita dapat melihat sebuah masalah dari segi yang berbeda maka selalu ada solusi dari segala masalah.

Kalau tadi diawal saya menulis, sahabat seseorang yang dapat kita percaya, dapat kita ajak ngobrol, teman menangis tertawa, teman dalam sedih dan senang. Saya yakin kita semua pasti punya orang yang dapat membuat kita nyaman dan selalu menemani kita. We are never born alone to this world. saya tidak tau apakah anda memanggil orang terdekat anda sahabat, atau teman baik.. tetapi yang saya tau, setiap sahabat kita adalah orang orang yang patut kita syukuri keberadaannya karena merekalah yang mewarnai dunia kita.

6 thoughts on “arti sahabat

  1. gw pernah juga bikin note kecil mengenai ini disini nich.. :d< HREF="http://bocahklene.wordpress.com/2006/08/08/persahabatan/" REL="nofollow">klik Persahabatan<>

Leave a Reply

