Persepsi Bahagia

Note: apa yang saya tulis disini murni hanya datang dari apa yang saya lihat dan saya rasa, jadi apabila memang tidak berlaku kepada beberapa orang yang membaca saya mohon maaf.

Persepsi bahagia, saya yakin hampir semua dari kita memiliki persepsi yang berbeda beda untuk segala hal yang kita lakukan di dunia ini, salah satunya adalah persepsi kebahagiaan yang saya yakin saya memiliki mungkin persepsi yang berbeda dari anda. Tadi siang saya berjalan jalan di salah satu jalan di kamboja ini dan kemudian saya melihat sebuah slogan dalam bahasa ingris dari sebuah provider selular yang bertuliskan ‘Happiness is your choice‘ yang kemudian menarik saya untuk berfikir lebih dari makna dibalik slogan yang sengaja di pasang di jalan raya itu. Sepanjang perjalanan menuju kampus saya berfikir dan merenung kembali dengan alunan Kenny G yang mengalun cukup kerasdari radio mobil saya, kata happiness kembali terulang ulang dalam benak saya nampaknya berusaha mencari definisi yang tepat untuk kata happiness.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI), bahagia berarti keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dr segala yg menyusahkan). Itu mungkin sebuah arti general dari kata bahagia, tetapi apakah bahagia bagi diri kita sendiri? Kemarin, seharusnya saya memposting artikel ini, tetapi dikarenakan kemalasan saya untuk meneruskan menulis dan malah akhirnya saya ber-siaran sampai jam 12 malam, tema ini-lah yang kemudian saya angkat ke dalam siaran saya, dengan satu pertanyaan: Apa sih persepsi bahagia kamu? Cukup banyak yang bertanggapan dan kemudian semua persepsi yang mereka miliki kemudian menunjukkan siapakan dan seperti apakah mereka. Beberapa jawaban dari mereka adalah:
‘ketika kita bisa membahagiakan orang tua dunia dan akhirat’
‘when all our basic needs is fulfilled’
‘ketika kita bisa tersenyum jasmani dan bathin’
‘ketika gw bisa barengan terus sama pacar gw’
dari semua jawaban yang saya dapatkan kemarin, semuanya memang merupakan arti kebahagiaan untuk para pendengar radio saya malam kemarin, tetapi apakah arti kebahagiaan untuk saya sendiri?

Bagi saya, kebahagiaan adalah ketika saya memiliki sebuah keluarga bahagia yang utuh. Sudah menjadi cita-cita saya untuk memiliki sebuah kebahagiaan yang saya dapatkan dari sebuah keluarga yang utuh, sebuah keluarga yang saling menyayangi satu sama lain dan walaupun pasti tidak ada kebahagiaan yang mutlak, tetapi ketika saya memiliki keluarga utuh yang bahagia, saya yakin setidaknya saya akan menjaga kebahagiaan yang akan ada dan akan hadir.
Tetapi kembali, kita tidak bisa terlau berharap pada suatu hal dan kemudian terlalu fokus pada harapan maka hasilnya kita akan melupakan sisi bahagia yang semestinya atau mungkin lebih tepatnya saya katakan kita sudah miliki. Sering kali sebagai manusia yang memang sudah menjadi nature-nya banyak menuntut dan banyak maunya. Itu merupakan sebuah hal yang manusiawi, namun terkadang kita lupa atau bahkan kita tidak sadar bahwa sebenarnya kita sudah merasakan sebuah kebahagiaan.

Bukan menyalahkan, tetapi itulah nature kita dan di dalam artikel ini saya tidak mengatakan bahwa manusia adalah mahkluk yang tidak tahu diuntung atau tidak bisa merasakan, akan tetapi apabila saya mereflek kepada diri saya sendiri, saya pun jujur mengakui kalau saya adalah satu diantara sekian banyak orang yang melakukan hal itu. Lupa diri ketika sedang berbahagia dan kemudian bertanya, ‘Kapan gw bakal bahagia?’ ketika saya sedang merasakan kesulitan. Jadi kapan kita akan benar benar merasakan bahagia? Mungkin jawabannya adalah ada di dalam diri kita masing masing. Kapan kita ingin dan akan sadar merasa bahagia, seperti kalimat yang menjadi slogan provider selular itu, ‘Happiness is your choice’. Kapan kita mau memilih untuk menjadi bahagia dan kapan kita mau benar benar merasa bahagia.

Cobalah untuk melihat sesuatu dari sebuah sisi yang berbeda dan cobalah untuk meletakkan Tuhan di atas semua keputusan dan jalan yang anda semua pilih, maka anda akan bisa merasa lebih bahagia. God Bless Us All…

Leave a Reply

